top of page

Hari Raya Hati Yesus yang Maha Kudus 11 Juni 2021


Sering seakan-akan lomba kemajuan dan kemewahan dunia menjadi semacam dewa berhala. Tetapi lupakah kita, bahwa kedamaian dan kebahagiaan sejati hanya terdapat dalam persahabatan dan pertemuan dengan pribadi lain ? Dengan hati-Nya yang Mahakudus, Yesus membawa damai dan kebahagiaan kepada setiap orang yang menjumpai-Nya. Dengan penuh cinta kasih, kita memandang Dia, yang hati-Nya tertembus tombak di salib.


Demikianlah Yesus, manusia untuk sesama. Apa yang hari ini akan kita mohon, selain agar kita yang berakar dalam cinta kasih Kristus dapat menjadi manusia dengan hati yang serupa dengan Hati Yesus, yang lemah lembut dan rendah hati.


Pada kesempatan ini pula, kita memulai Novena Hati Yesus Yang Maha Kudus selama 9 x hari Jumat berturut-turut, sebagai wujud devosi kepada Hati Kudus Yesus.


Novena Hati Yesus Yang Mahakudus di paroki kita telah berlangsung sejak tahun 1977. Dalam pembukaan Novena Hati Yesus Yang Mahakudus di paroki Pademangan, pada tanggal 28 Oktober 1977, Mgr. Leo Soekoto menyampaikan tujuan Novena yaitu :


1. Kesempatan berahmat bagi kita merenungkan makna keutamaan-keutamaan Hati Yesus yang Mahakudus

2. Kesempatan berahmat mewujudkan keutamaan Hati Yesus yang Mahakudus dalam kehidupan keluarga, lingkungan dan masyarakat kita sehingga terciptalah satu iklim keluarga, lingkungan dan masyarakat yang bahagia sesuai dengan kehendak Allah.

3. Kesempatan berahmat menyampaikan segala permohonan kita kepada Allah serta mendalami iman kita kepada Hati Yesus Yang Mahakudus

4. Kesempatan berahmat mendekatkan diri kita kepada Tuhan sumber keselamatan kita.


Tema utama Novena Hati Kudus Yesus tahun 2021 ini adalah : HATI KUDUS YESUS, INSPIRASI DAN KEKUATAN UNTUK SEMAKIN MENGASIHI, SEMAKIN TERLIBAT DAN SEMAKIN MENJADI BERKAT DALAM HIDUP MENGGEREJA DAN BERMASYARAKAT.


Sub tema untuk novena hari pertama adalah : Hati Kudus Yesus : Tanda Kasih Allah Bagi Manusia.


Dalam awal homili RP. Gregorius Sasar Harapan, SVD, Nabi Hosea mengatakan, kalau kita bertobat dan mau berbalik kepada Tuhan. Kasih dan kesetiaan jika ditautkan menjadi satu maka sulit untuk dipisahkan. Dengan kesetiaan tentu kita akan memperoleh hal yang dapat menguatkan langkah hidup kita.


Novena Hati Kudus yang Maha Kudus adalah devosi yang resmi dalam gereja Katolik, usia novena ini juga sudah 165 tahun Paus Pius ke XII di saat novena ini berusia 1 abad, Ia mengeluarkan ensiklik khusus tentang devosi ini, judulnya datanglah menimba air, kamu akan menerima air. Air dan darah Yesus adalah sumber keselamatan bagi kita umat-Nya.


Jika kita mau datang kepada Yesus yang mempunyai hati yang kudus, maka kita akan memperoleh rahmat keselamatan. Hati Yesus adalah sumber kerahiman, Ia senantiasa memberikan kerahiman dan kasih-Nya kepada semua orang yang mau datang kepada-Nya. Hati Yesus adalah sumber kekuatan kepada orang yang berseru kepada-Nya. Semoga Hati Kudus Yesus selalu menjadi inspirasi bagi kita agar kita selalu melakukan hal-hal baik demi kebaikan setiap hari. Hati Yesus sumber ketabahan, hendaknya kita pun demikan, setiap salib yang kita alami semoga kita pun tabah menjalani salib kita masing-masing. Hati Yesus sumber kerendahan hati, martabat manusia di hadapan Allah itu sama, Yesus menunjukkan hal itu dalam sejarah hidup-Nya.


Di saat kita dekat dengan Hati Yesus, maka kita takut akan Tuhan dan Hati Yesus yang Maha Kudus menjadi teladan kita. Semoga kita semua mau datang kepada-Nya yang mempunyai keteladanan dan Hati yang lembut dan rendah hati. Ya Yesus yang lembut dan rendah hati, jadikanlah hati kami seperti hati-Mu.

494 views0 comments
bottom of page