top of page

2019 SEBUAH REFLEKSI

Tanpa terasa tahun 2019 akan segera berakhir, namun penyertaan dan berkatNya tetap ada bagi kita semua. Sebelum tahun ini berganti, ada baiknya kita merangkum hal penting dan pengalaman yang kita alami sepanjang tahun ini, terlebih lagi agenda kegiatan dalam paroki yang sudah terlaksana dengan baik dan lancar, kita patut bersyukur atas semua yang Tuhan berikan kepada kita.


Di awal tahun 2019, tepatnya bulan Februari 2019 terjadi pergantian Pastor kepala paroki, Pastor Yoseph Waryadi, SVD mendapat tugas baru di Surabaya digantikan dengan Pastor Gregorius Sasar Harapan, SVD. Dan ada Pastor rekan yang juga diutus bagi kita umat paroki Pademangan, yaitu Pastor Antonius Dwi Cahyono, SVD sehingga saat ini paroki Pademangan memiliki 3 orang Pastor, Pastor Aloysius Luis Diaz, SVD, Pastor Gregorius Sasar Harapan, SVD dan Pastor Antonius Dwi Cahyono, SVD.


Tanggal 24 April 2019, menjadi hari bersejarah bagi Peter Elvin Atmaja Hidayat, putra paroki Pademangan, hari itu Beliau ditahbiskan menjadi Imam dari tarekat OSC dan misa perdana diselenggarakan pada tanggal 04 Mei 2019 dalam kotbah perdananya, Pastor Elvin, OSC mengajak umat untuk memaknai arti PASKAH yang sebenarnya,


Paskah sejati ada dalam kata PASKAH tersebut, yaitu: Pasti Aku Selamat Karena Allahku Hebat, Hidup dan Hadir dalam diri kita, umat diajak untuk menyadari kehadiran Allah dalam hidup kita sehingga jika kita mengalami suatu kegagalan kita tidak akan berputus asa karena Allah sendiri yang akan memberikan kekuatan kepada kita, lewat kehadiranNya, modal kita hanyalah Iman dan percaya kepadaNya. Selain itu juga Pastor Elvin menceritakan awal mula ketertarikannya untuk menjadi Imam sekaligus ia mengajak kaum muda untuk mengikuti jejaknya, karena hidup membiara itu sungguh membahagiakan.

25 - 26 Mei 2019,ada kegiatan pembekalan gelombang kedua, pembekalan ini merupakan agenda dari Sie PEKAD Paroki, yang menjadi peserta : pengurus wilayah dan lingkungan Simon Petrus dan Simon Zelot diselenggarakan di Wisma Samadi.


Pada pembekalan ini para pengurus lingkungan diberikan bimbingan dan arahan oleh para pembicara yang diundang dari team KAJ dan Pastor Gregorius Sasar Harapan, SVD, pembekalan ini dimaksudkan agar semua peserta menyadari tugas dan tanggung jawab sebagai pelayan Tuhan.


Dalam sesi yang dibawakan oleh Pastor Greg, hal yang paling dibutuhkan bagi seorang pelayan Gereja adalah: kekuatan keyakinan, Bahwa: saya dipilih karena saya bisa, bahwa semakin berat perjalanan pertanda semakin besar tugas dan tanggung jawab maka ubahlah cara pikir kita, tidak mudah menyerah tapi yakinlah bahwa Allah senantiasa menyertai kita, sehingga situasi sulit yang ada menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk mengatasinya. Kerjasama menjadi point penting dalam hidup pelayanan dan kehidupan menggereja, jika keyakinan ini kita miliki maka tugas apapun yang kita emban, dapat kita lakukan dengan penuh semangat dan sukacita

16 Agustus 2019 , kegiatan tirakatan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2019 kegiatan ini di lakukan dengan mengundang tokoh-tokoh masyarakat yang ada di pademangan , dari Forum kerukunan Umat Beragama(FKUB), Kapolsek, Lurah dan para tokoh lintas Agama. Pastor Cahyo, SVD pada kesempatan ini memberikan wejangan dengan memberikan gambaran bahwa Indonesia adalah Negara yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai ke Tuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah dan keadilan yang tertuang dalam Pancasila.


Keberagaman tidak perlu diseragamkan namun dapat disatukan, karena kita semua manusia Indonesia yang sangat religius, sangat beradab, sangat menghargai demokrasi dan musyawarah dan selalu mengutamakan keadilan bagi setiap orang oleh karena itu di usia kemerdekaan 74 tahun diharapkan agar kita semakin menyadari bahwa warisan dari para pendahulu kita hendaknya selalu dijaga dan dilakukakan dalam kehidupan sehari-hari demi terciptanya manusia yang penuh hikmat sehingga bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat.



08 September 2019, perayaan Hari Ulangtahun tarekat Societas Verbi Divini (SVD) yang ke 144 tahun. Motto para misionaris SVD: ”Berjalan Bersama Umat Manusia Dalam Iman akan Sang Sabda “. Karena paroki Pademangan menjadi salah satu tempat para misionaris SVD berkarya, maka pada tanggal 09 September 2019, diadakan Misa Syukur. Dalam kotbahnya Pastor Wayan, SVD menceritakan tentang awal mula berdirinya tarekat SVD yang berpusat di Jerman dan saat ini misionaris SVD telah berkarya di 84 negara, Santo Arnoldus Janssen pendiri SVD, melalui keyakinannya memulai hal kecil adalah langkah awal dan mendasar demi mendapatkan Karya yang besar, perjuangannya di tengah Gereja yang teraniaya pada saat itu, tidak mematahkan semangatnya sebab Iman dan percaya yang dimilikinya , bahwa Allah senantiasa menyertai dan membantunya dalam segala hal.


13 Oktober 2019 ada talkshow yang diadakan oleh panitia hut pelindung dan HAAK (Hubungan Antar Agama Keyakinan dan Kemasyarakatan) dalam acara ini diundang para tokoh masyarakat dan lintas agama, ada camat, lurah, rw dan rt semua berkumpul demi terciptanya persatuan dan persaudaraan, pak Mumu sebagai Camat Pademangan, mengatakan:perkataan yang baik adalah sebuah doa.


Pastor Greg,SVD sebagai moderator talk show mengatakan Indahnya kebersamaan dalam warna warni kepribadian, kita banyak wajah tetapi satu hati. Pastor Antonius Suyadi, Pr pada kesempatan ini menyampaikan, sejak dahulu kita hidup dalam warna warni kehidupan,

kita semua berbeda tapi hendaknya perbedaan itu bukan halangan bagi kita untuk selalu mengedapankan persatuan dan rasa persaudaraan, warna warni itu akan menjadi indah, jika dapat kita wujudkan dalam lingkungan tempat kita tinggal. Berlandaskan Pancasila kita utamakan perilaku hidup kita yang sesuai dengan ke lima sila dasar negara Indonesia tercinta.


Di penghujung Oktober 2019, paroki mengadakan misa Syukur peringatan pesta pelindung Santo Alfonsus Rodriguez, dalam kotbahnya Pastor Greg, SVD menceritakan tentang sikap hidup Santo Alfonsus yang sederhana, selain itu Beliau adalah tokoh yang setia dan sangat bertanggung jawab dalam mengemban tugasnya. Inilah keteladanan yang patut kita tiru, agar hidup kita lebih berarti, hendaknya kita selalu menanamkan Iman dan percaya kita kepada Tuhan, setia dalam segala tugas dan tanggung jawab yang sudah Tuhan berikan kepada kita masing-masing.



Bicara soal kesetiaan, siapa tidak kenal dengan sosok Pastor Aloysius Luis Diaz, SVD yang biasa dipanggil Opa Diaz. Beliau tokoh paling inspiratif, di usia 93 tahun dan Imamat nya yang sudah 67 tahun nyaris separo umur SVD berkarya, Opa tetap setia dan bersemangat melayani kita umat gembalaannya. Ingatannya masih sangat tajam, apapun yang kita tanyakan tentang kisah hidupnya akan dijawab dengan lancar ,


Beliau selalu mengutamakan hidup doa dan dekat dengan Tuhan, Beliau juga selalu berpikir positif , sabar dan selalu tersenyum pada semua orang. Doa 3 x Salam Maria dan 1 x Bapa kami adalah senjata ampuh jika kita menghadapi segala tugas yang berat, dengan motto hidupnya Kasih SetiaMu Tuhan selalu Ku Agungkan, Beliau sangat bersyukur dan bersemangat dalam pelayanan sampai saat ini.


Inilah sepenggal kisah tahun 2019, marilah kita mengambil hal-hal baik dan meninggalkan hal-hal yang buruk di tahun ini dan dengan semangat Kasih Tuhan kita menata hati dan menambah niat dan semangat menyambut Tahun baru 2020.


Komsos Salfo

236 views0 comments

Recent Posts

See All

Edisi: XIII / 2020 / HARI MINGGU PRAPASKAH V

KEMATIAN (BENCANA) REALITAS YANG TIDAK BISA DITOLAK Wabah Corona, menggemparkan dunia. Awalnya bermula dari Wuhan, China. Lalu sekarang ia menyebar dan mewabah ke seluruh dunia. Indonesia juga termasu

Comments


bottom of page