top of page

RAPAT DEWAN PAROKI PLENO


17 November 2019


Rapat Dewan Paroki pleno yang menjadi agenda rutin Paroki Pademangan Gereja Santo Alfonsus Rodriguez. Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Romo Kepala Paroki sebagai kepala Dewan Paroki ,wakil dewan beserta anggota nya, 11 orang Koordinator Wilayah (Korwil) dari total 12 orang Korwil, 46 ketua lingkungan (Kaling) dari total 57 orang kaling, Dewan Paroki Harian awam ada 12 orang dari 13 anggota nya, dan juga dihadiri oleh para ketua atau perwakilan dari seksi dan kelompok kategorial, jadi jumlah total yang hadir dalam rapat ini 95 orang.


Agenda rapat utama adalah: laporan kegiatan setiap seksi dan kategorial selama tahun 2019, masing masing seksi dan kelompok kategorial memberikan laporan apa saja kegiatan yang berhasil terlaksana dan apa saja yang belum dapat terlaksana. Laporan kegiatan mereka secara keseluruhan banyak yang dapat terlaksana dengan baik, jika ada yang tidak dapat terlaksana, kendala yang terbesar yang dihadapi adalah umat yang sulit diajak untuk ikut terlibat secara aktif.


Selain daripada itu, bendahara Paroki pun menyampaikan data keuangan serta mengingatkan kepada panitia yang sudah melakukan kegiatan untuk tahun lalu dan juga yang sudah dilakukan di tahun ini, namun belum memberikan laporan pertanggungjawaban kegiatan.


Dalam sesi berikutnya diberikan penjelasan tentang program karya pelayanan umum (PROKARUM) dan rencana anggaran penerimaan dan biaya (RAPB) selama tahun 2020 dibagi atas 6 sasaran prioritas berdasarkan program dari Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) yaitu:


1. Sasaran prioritas 1

Tujuan: Tangguh dalam Iman

Sasaran nya adalah Keluarga, dengan mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu.

2. Sasaran prioritas 2

Tujuan: Terlibat dalam persaudaraan inklusif

Sasaran nya adalah kaderisasi awam, meningkatkan kualitas pelayanan pastoral dan kader awam.

3. Sasaran prioritas 3

Tujuan: Tangguh dalam Iman

Sasaran nya adalah, meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan

4. Sasaran prioritas 4

Tujuan: Berbela rasa terhadap sesama dan lingkungan hidup

Sasaran nya adalah: meningkatkan rasa berbela rasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik hal ini sejalan dengan tema tahun depan yaitu tahun keadilan sosial.

5. Sasaran prioritas 5

Tujuan: Berbela rasa terhadap sesama dan lingkungan hidup

Sasaran nya adalah: meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah

Keuskupan Agung Jakarta (KAJ).

6. Sasaran prioritas 6

Adalah program karya pelayanan prioritas KAJ yg diikuti oleh paroki.


Banyak program kerja menarik yang telah disusun oleh Dewan Paroki, seksi dan kelompok kategorial oleh karena itu peranan umat sangat lah diharapkan demi terwujud nya ke 6 sasaran yang menjadi prioritas

kerja di tahun depan, semoga kita semua tergerak hatinya untuk bersama sama saling bekerja sama dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan, demi tercipta nya rasa keadilan dalam lingkungan hidup kita, menumbuhkan rasa berbela rasa terhadap sesama yang menderita tanpa melihat suku, ras dan agama. Berbuat kebaikan demi terwujud nya keadilan sosial sesuai dengan sila ke lima Pancasila dasar Negara kita.


Komsos Salfo





244 views0 comments

Recent Posts

See All

Edisi: XIII / 2020 / HARI MINGGU PRAPASKAH V

KEMATIAN (BENCANA) REALITAS YANG TIDAK BISA DITOLAK Wabah Corona, menggemparkan dunia. Awalnya bermula dari Wuhan, China. Lalu sekarang ia menyebar dan mewabah ke seluruh dunia. Indonesia juga termasu

ATURAN LITURGI SELAMA MASA DARURAT COVID-19

Berdasarkan Surat Keputusan Keuskupan Agung Jakarta(KAJ) No.170/3.5.1.2/2020 23 Maret 2020, diputuskan untuk memperpanjang masa darurat COVID-19 hingga 30 April 2020, peniadaan sementara kegiatan gere

Comments


bottom of page