top of page

PESTA PELINDUNG SANTO MATHIAS 14 MEI 2021

Mathias adalah salah satu dari ke 12 Rasul Kristus, ia dipilih menggantikan Yudas Iskariot. Dalam

Kitab Kisah Para Rasul diceritakan bahwa terpilihnya Mathias dilakukan melalui pengundian yang dilakukan oleh para Rasul pada waktu itu. Seperti dikisahkan pada Kisah Para Rasul (Kis 1: 23 – 26):

Lalu mereka mengusulkan dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan yang juga bernama Yustus, dan Matias.

Mereka semua berdoa dan berkata: "Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini,untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya."


Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.


Dalam homilinya RD.Inosensius Mansur, Pr menyampaikan bahwa, walaupun dalam kitab suci tidak banyak dikisahkan tentang Mathias Rasul, sejak terpilihnya ia menjadi rasul Yesus menggantikan Yudas Iskariot karya dan kehidupannya tidak banyak diketahui, dikisahkan ia pertama-tama berkotbah di daerah Yudea, tetapi kemudian ia berkarya di Kapadokia dan sekitar laut Kaspia.


Mathias dipilih menggantikan Yudas Iskariot melalui pengundian, tentu saja sebelum dilakukan pengundian, para murid sepakat untuk menentukan persyaratan pengganti Yudas haruslah orang yang sudah menjadi pengikut Yesus hingga menyaksikan kebangkitan Yesus. Dan cara pemilihan Rasul ini, menjadi cikal bakal cara pemilihan Uskup sekarang ini.


Kehidupan rohani Santo Mathias sangat menggugah banyak orang untuk mau menjadi pengikut Kristus, lewat kesaksiannya banyak orang terpanggil dan mau ikut serta dalam pelayanan. Walau tidak banyak dikisahkan, namun melalui Santo Mathias kita bisa meneladani cara hidupnya. Bertanggung jawab akan tugas yang di emban, dengan terus melayani dan menjadi saksi-Nya. Melayani dengan ketulusan hati bukan demi popularitas namun demi Kerajaan Allah. Santo Mathias hendaknya menjadi teladan bagi kita semua, terutama bagi para pengurus lingkungan dan wilayah Santo Mathias, bertanggung jawab atas tugas yang diterima dan melakukan pelayanan dengan ketulusan hati dan semangat Santo Mathias.


Selamat Pesta Pelindung Santo Mathias!



50 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


bottom of page